Lailatul Qodar, Malam 1000 Bulan

Malam lailatul Qodr malam lebih baik dari 1000 bulan.

Ramadan merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Semua hari dari bulan kedelapan kalender Hijriah ini begitu istimewa. Ibadah yang dikerjakan selama bulan ini juga diberi ganjaran berupa pahala yang berlipat ganda. Keistimewaan Ramadan bukan hanya pada pahalanya yang berlipat. Dalam bulan ini, terdapat malam yang disebut lebih baik dari 1000 bulan. Itu adalah malam lailatul qadar. Malam ini sangat penting bagi umat Islam karena pada malam ini diturunkannya Al-Quran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia.

Ibarat tamu agung, malam lailatul qadar hanya menjumpai jiwa-jiwa yang tersucikan yaitu orang-orang yang telah mempersiapkan diri menyiapkan hati dan jiwanya untuk menyambut kedatangannya dengan pelbagai amal-amal ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Lailatul qadar tidak hinggap kepada setiap orang, tetapi kepada mereka yang telah mempersiapkan hati dan jiwanya untuk menerima pantulan cahaya-cahaya malaikat.

Malam lailatul qadar sesungguhnya adalah perjumpaan antara dua cahaya yaitu cahaya langit yang terpantul dari para malaikat Allah subhanahu wata’ala dengan cahaya yang terpantul dari qalbu orang-orang mukmin yang telah mempersiapkan diri dengan segala amaliah Ramadhannya.

Sehingga daripada itu, lailatul qadar sesungguhnya adalah pertemuan dua cahaya, yaitu cahaya langit dan bumi yang kemudian memancarkan kedamaian bagi seluruh umat manusia. Cahaya tersebut bukan hanya terpancar sampai esok hari, tetapi cahaya dan kedamaian itu akan terpancar sampai terbit fajar di kehidupan kita hingga akhirat kelak.

Orang-orang yang mendapatkan lailatul qadar dengan perjalanan spritual masing-masing akan selalu merasakan kedamaian, selalu terdorong untuk melakukan kebaikan demi kebaikan dan dia akan terus bersukacita di dalam dirinya hingga terbit fajar di kehidupan akihrat kelak.

Semoga kita semua termasuk golongan orang yang tengah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan malam dengan penuh kemuliaan, lailatul qadr, yang kedatangannya dinantikan oleh semua orang, walaupun malam tersebut tidak akan menjumpai semua yang mendambakannya, tetapi mendambakan tanpa mempersiapkan justru semakin menjauhkan dari rahmat Allah subhanahu wata’ala. (Sumber: https://istiqlal.or.id)
Lebih baru Lebih lama
Laa ilaaha illallaah adalah benteng-Ku, siapa mengucapkannya maka ia masuk kedalam benteng-Ku, dan siapa yg masuk dalam benteng-Ku maka ia aman dari siksa-Ku.